Kristalisasi

Pemisahan secara kristalisasi dilakukan untuk memisahkan zat padat dari larutannya dengan jalan menguapkan pelarutnya. Zat padat tersebut dalam keadaan lewat jenuh akan bentuk kristal.

Apabila kita mempunyai campuran yang berupa larutan, maka partikel padat yang ada dalam campuran tersebut dapat kita pisahkan dengan cara kristalisasi. Kristalisasi adalah proses pembentukan kristal. Kristal kristal dapat terbentuk bila uap dari partikel yang sedang mengalami sublimasi menjadi dingin. Selama proses kristalisasi, hanya partikel murni yang akan mengkristal. Pembentukan kristal digunakan dalam teknik untuk memperoleh suatu bahan murni dari suatu campuran. Pada kristalisasi, bahan-bahan lain yang tidak diinginkan, tetapi terdapat dalam campuran akan tetap berwujud cair. Sebagai contoh bila kristal Iodium dipanaskan dalam piring penguapan, kristal akan melebur dan membentuk uap ungu. Setelah didinginkan uap berubah kembali menjadi kristal Iodium.

Pembemtukan kristal dapat juga terjadi bila suatu larutan telah melampaui titik jenuhnya. Titik jenuh larutan adalah suatu titik ketika penambahan partikel terlarut sudah tidak dapat menyebabkan partikel tersebut melarut, sehingga terbentuk larutan jenuh. Larutan jenuh adalah larutan yang mengandung jumlah maksimum partikel terlarut pada suatu larutan pada suhu tertentu. Contohnya adalah NaCl ketika mencapai titik jenuh maka akan terbentuk kristal. Berkurangnya air karena penguapan, menyebabkanlarutan melewati titik jenuh dan mempercepat terbentuknya kristal.

6 responses

20 08 2008
ferry

kalo bisa situs ini lebih banyakan isi textnya y hatur thank you

7 09 2008
dEnNifA tHoCk_

wokeyh dEyh…..
thx masukannya!^^

11 11 2008
Tya

rekristalisasi apa?
truzz bednya ma kristalisasi pa?

30 11 2008
KIKI

Tolong donk teori tentang pelajaran kimia di perbanyak lagi….

3 12 2008
dEnNifA tHoCk_

iyw dEyh…
sekarang seluruh anggota dennifa masih sibuk sendiri2 jd belom sempet nambahin..
besok2 dEyh..
hehe

3 12 2008
dEnNifA tHoCk_

rekristalisasi itu ya kristalisasi kembali..
mungkin setelah mengalami kristalisasi juga mengalami peleburan,truz karena suhu yang terus berubah2 jadi mengalami kristalisasi..
hehe…
Q juga masih belajar,ya ntar coba Q cari tw duluw yua….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: