Kromatografi

Kromatografi berasal dari kata khroma yang berarti warna. Kromatografi adalah suatu teknik pemisahaan campuran yang digunakan untuk menguraikan campuran berupa partikel warna menjadi komponen-komponen penyusunnya.

Beberapa zat yang diteteskan pada kertas dapat bergerak pindah lebih cepat dari pada yang lain. Kelarutan suatu partikel terhadap pelarutnya mempengaruhi kecepatan perpindahan tersebut. Semakin mudah suatu partikel larut, semakin cepat laju geraknya.

Suatu campuran pewarna dapat dipisahkan dengan teknik kromatografi karena adanya perbedaan kelarutan antara zat penyusun campuran pewarna tersebut. Selain itu, kecepatan bergerak partikel penyusun sangat dipengaruhi oleh ukuran partikel penyusunnya. Partikel penyusun yang lebih kecil akan bergerak lebih cepat dari pada partikel penyusun yang berukuran lebih besar.

Kromatografi meskipun hanyalah salah satu teknik yang sederhana, tetapi memiliki banyak kegunaaan. Dalam industri makanan, teknik ini digunakan untuk mengetahui suatu pewarna makanan berbahaya atau tidak bagi kesehatan. Kromatografi dapat mendeteksi keberadaan zat kimia seperti pestisida dan herbisida meskipun dalam jumlah atau konsentrasi yang sangat kecil.

2 responses

20 08 2008
ferry

Thank’s buat yang udah bikin situs ini 9ua jadi bisa bikin PR By

7 09 2008
dEnNifA tHoCk_

yUpzZ….
Qta jg ikut seneng…..

tyuzz,PRna sukses g??
niLaina gmn???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: